Setelah lama tertunda akibat pandemi, akhirnya Prolog Fest akan kembali digelar. Prolog Fest edisi 2021 yang mengusung tema “BELIEVE IN MUSIC, BELIEVE IN VAX”  tentu saja akan digelar dengan mempertimbangkan berbagai aspek kesehatan seperti menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan mendukung program pemerintah dengan program vaksinasi yang menjadi perhatian utama.

Sejak adanya kelonggaran yang diberikan pemerintah untuk perhelatan berskala besar pada akhir September 2021, hal ini menjadi sesuatu yang sangat disyukuri. Mengingat dua tahun belakangan ini  roda/ekosistem ekonomi kreatif Indonesia tidak sedang baik-baik saja.

 

 

Prolog Fest merupakan sebuah ajang Festival dan Konferensi Musik yang diselenggarakan oleh Prolog Studio sejak tahun 2017 silam di kota Makassar. Festival ini menghadirkan pelaku kreatif dan Musisi seluruh Indonesia, mulai dari wilayah Regional Indonesia Timur hingga Nasional.

Melalui beragam program hiburan yang disajikan dan edukasi yang ada di Prolog Fest seperti Pertunjukan Konser Musik, Screening Film, Comedy Show, Pameran Kesenian, Pameran UMKM, hingga Konferensi Musik.

View this post on Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Prolog Festival (@prologfest)

Prolog Fest 2021 hadir dalam bentuk Multi Platform Festival Hybrid Event Online/Offline yaitu, menggabungkan konser online dan offline, agar tetap aman, konser offline nantinya akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat menindak lanjuti kebijakan pemerintah, sementara untuk konser online pengunjung akan disuguhkan media platform live stream.

Prolog Fest 2021 dengan tema “BELIEVE IN MUSIC, BELIEVE IN VAX” sebagai seruan untuk menyemangati Industri Musik agar tetap bergerak dan para pelakunya tetap berdiri di jalurnya dengan meyakini fungsi Musik tersebut. Sekaligus menjadi upaya untuk melihat pola-pola apa yang sedang dikembangkan oleh para pelaku di sektor digital, proses kreatif, dan kemungkinan lainnya yang akan membawa kita untuk tetap Percaya pada Musik Kita, Perjuangan Kita.

 

Prolog Fest 2021 ini meliputi 6 jenis kegiatan antara lain;

Pertama yaitu Music Concert, yang dimeriahkan oleh penampil Nasional dan musisi/solois asal Sulawesi selatan dan tentunya kota Makassar.

Kedua yaitu Art Exhibition, yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seniman untuk menyampaikan ide atau karyanya kepada publik melalui media karya seni.

Ketiga ada Music Conference, yang dimana kegiatan ini akan menjadi arsip perkembangan musik di Sulawesi Selatan khususnya kota Makassar dan sekitarnya.  Dalam Music Conference nantinya akan menjadi tempat sharing mengenai perkembangan skena musik serta hal-hal yang menjadi perhatian didalamnya. Adapun tema forum yang akan didiskusikan antara lain;

-Market Today

-Digital Music Platform

-Resilensi/Adaptasi

-Konsistensi Media

Keempat ada Film Screening, dimana dalam kegiatan ini kita akan menonton dan diskusi bersama tentang fim yang di putar. Film screening ini juga bertujuan untuk pertunjukan khusus sebagai bagiandari siklus produksi dan rilis film. Jadi, film tak berhenti pada proses produksi dan distribusi. Tapi juga perbincangan hingga diskusi. Pada Film Screening nanti akan menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidangnya,

Kelima ada Stand Up Comedy (Comedy Show), yang merupakan lawakan tunggal atau komedi tunggal, seni komedi ini adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik. Materi yang disampaikan cenderung berisi tentang kritik dan keresahan terhadap masalah yang sedang terjadi saat itu. Prolog Fest 2021 akan memberikan warna yang lebih menarik dengan hadirnya Stand Up Comedy,

Keenam ada UMKM Expo, sebagai upaya mendorong roda perekonomian, pada perhelatan Prolog Fest 2021 akan memberi ruang kepada UMKM untuk saling berkolaborasi. Membuka sebuah pusat UMKM Makanan dan Minuman serta Produk Kreatif lainnya seperti, Merchandise, Kerajian Tangan, Fashion, dan sebagainya. Melalui UMKM Center ini, akan terbuka pameran produk dan transaksi berbelanja untuk pengunjung Prolog Fest. Hadirnya UMKM Center ini akan memberikan peluang bagi pelakunya dalam berinovasi mempromosikan hasil karyanya.

Prolog Fest edisi 2021 diharapkan untuk menjadi titik temu dan berkumpulnya komunitas kreatif di Makassar maupun Sulawesi Selatan dalam bertukar pikir, berinovasi dan berkolaborasi, tentunya juga akan menjadi pelipur lara bagi yang merindukan konser musik. Ekspektasi berlangsungnya Prolog Fest 2021 ini bisa menjadi panggung penting dalam menunjukkan eksistensi dan masa depan untuk industri musik independen di Makassar ditengah pandemi Covid-19. Selain itu inovasi dan kolaborasi menjadi hal penting yang juga dikedepankan sebagai wujud memberi peluang bagi pelaku/pekerja kreatif di Sulawesi Selatan khususnya di kota Makassar.

One Reply to “Segera di Bulan Oktober! Prolog Fest 2021: Believe in Music, Believe in Vax”

  1. Hi Prolog Festival Team,

    Saya Dahlia dari Believe Indonesia.

    Believe adalah distribusi musik yang tersedia di lebih dari 50 negara dan kami sudah beroperasi di Indonesia lebih dari 7 tahun.

    Kami tertarik untuk berkolaborasi di Prolog Festival Tahunan (Music Conference), untuk membagikan pengalaman kami di dunia musik digital, update2 berita terbaru, tips and tricks dan lainnya.

    Semoga kita bisa berkolaborasi dalam waktu dekat.

    Thx
    Dahlia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *